Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laku Pandai BRI agen BRIlink

Branchless Banking Agen BRILINK

OJK dan Bank BRI Luncurkan LAKU PANDAI: Lebih dari 24.713 Agen BRILink di Pelosok Negeri Siap Memberikan Layanan Keuangan Tanpa Kantor
Thursday, 26 March 2015

Jayapura, Papua– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program Layanan Keuangan tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif oleh Bank atau LAKU PANDAI. OJK bersama dengan PT Bank Rakyat Indonesia meluncurkan LAKU PANDAI dengan keagenan BRILink, inovasi keuangan inklusif nirkantor dari Bank BRI.

LAKU PANDAI merupakan program keuangan inklusif agar masyarakat Indonesia mengenal pengetahuan dasar pengelolaan keuangan melalui pemanfaatan produk dan layanan perbankan. Harapan ke depan adalah masyarakat akan semakin terbiasa dalam pengelolaan keuangan untuk mendorong peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat dan efisiensi perekonomian Indonesia.

Program LAKU PANDAI melalui agen BRILink

BRILink hadir dengan layanan baru untuk melayani transaksi perbankan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berlokasi jauh dari jangkauan kantor bank, baik nasabah bank BRI maupun masyarakat luas. Dalam layanan baru tersebut agen melayani registrasi dan transaksi Uang Elektronik T-Bank dengan menggunakan nomer handphone sebagai nomer rekening, pembukaan Tabungan Murah tanpa biaya administrasi dan permohonan Pinjaman Mikro sebagai referral. Tabungan Murah adalah produk tabungan yang dapat diakses langsung melalui Agen BRILink di dekat rumah tanpa biaya administrasi dan transaksi yang lebih murah dari tabungan reguler. Tabungan ini dapat menampung saldo maksimal Rp.10.000.000,- dengan maksimal transaksi debet (tarik tunai, transfer, pembayaran, dan pemindahbukuan) Rp. 5.000.000,- setiap bulannya. Pinjaman Mikro adalah layanan pinjaman untuk usaha UMKM produktif melalui Agen BRILink sebagai agen referral. Layanan ini memiliki persyaratan yang mudah dan pencairan yang cepat untuk membantu pengembangan usaha UMKM dan mengembangkan perekonomian masyarakat.

Kedua layanan tersebut merupakan tambahan fitur kemudahan layanan keuangan selain dari fitur Setor dan Tarik tunai melalui T-Bank (uang elektronik melalui HP dimana nomor handphone dapat digunakan sebagai nomor rekening), Pembayaran tagihan, Beli pulsa, dan Transfer antar rekening. Selain itu, perangkat EDC BRI dengan menu miniATM yang ditempatkan pada Agen BRILink juga dapat melayani masyarakat untuk bertransaksi keuangan seperti setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa, baik untuk nasabah Bank BRI maupun masyarakat lainnya.

Bank BRI siap mendukung program LAKU PANDAI tersebut hingga ke pelosok negeri melalui 24.713 agen BRILink (per Februari 2015) yang tersebar dari kota besar hingga dusun. “Bank BRI telah siap dengan keagenan maupun jaringan real time on-line untuk mempermudah akses bagi masyarakat yang belum memiliki layanan perbankan (unbanked people)” tutur Budi Satria Corporate Secretary BRI.

Dengan akan di-launchingnya Satelit BRISat BANK BRI yang akan mempercepat dan mempermudah akses jaringan dan data, maka melalui tambahan inovasi tersebut dan dukungan 24.713 agen yang terus bertambah, Bank BRI semakin solid untuk menembus hambatan jarak, biaya, terbatasnya pengetahuan keuangan, serta formalitas layanan perbankan konvensional hingga di seluruh pelosok desa dan wilayah perbatasan.  Sebagai perpanjangan tangan perbankan, layanan BRILink berbasis keagenan ini tidak hanya memberikan manfaat efisiensi operasional namun juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi bagi masyarakat baik yang sudah menjadi nasabah BRI maupun yang belum menjadi nasabah BRI.

Performa agen BRILink dalam 14 bulan terakhir terbilang cukup mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah agen, jumlah transaksi, dan jumlah volume atau nominal transaksi. Khusus untuk wilayah Jayapura, berdasarkan data dari awal Januari 2014 hingga Februari 2015, Bank BRI telah memiliki 450 agen BRILink dengan total transaksi sebesar 88.037 transaksi dan total volume Rp.18.2 miliar.

Sedangkan secara nasional, dalam 14 bulan terakhir Bank BRI telah memiliki 24.713 agen BRILink dengan total transaksi sebesar 21 juta transaksi dan total volume sebesar Rp.7.8 triliun. Tahun 2015 Bank BRI menargetkan memiliki 50.000 agen BRILink di seluruh Indonesia dengan target transaksi  nasional sebesar 84 juta transaksi dengan volume transaksi sebesar 22,4 triliun. Performa agen BRILink Bank BRI di tahun ini diharapkan akan terus meningkat seiring dengan adanya layanan baru Tabungan Murah bebas biaya administrasi dan Pinjaman Mikro tanpa harus mendirikan kantor bank.
Sumber : www.bri.co.id